Selasa 26 Dec 2023 18:17 WIB

Tips Bangun Lebih Awal Meski Tidur Hingga Larut Malam

Pertahankan waktu bangun yang konsisten, misalnya bangun untuk sholat Subuh.

Rep: Shelbi Asrianti / Red: Friska Yolandha
Ini tips Bangun Lebih awa untuk menghindari tidur terlalu malam.
Foto:

3. Berjemur

Berjemurlah di pagi hari selama 20 hingga 30 menit. Paparan cahaya matahari di pagi hari akan membantu menekan produksi melatonin dan efektif mengatur ulang jam tubuh. Setelah terjaga, tunda dulu aktivitas lainnya dan luangkan waktu untuk berjemur.

4. Pertahankan waktu bangun yang konsisten

Sebisa mungkin, pertahankan waktu bangun yang konsisten. Misalnya, pukul lima pagi untuk menjalankan ibadah Shalat Subuh, baru melakukan kegiatan harian lainnya. Hal ini juga perlu dilakukan di akhir pekan, jangan justru membiasakan diri bangun lebih siang.

5. Gunakan Metode "Rise Up"

Metode ini adalah 'melarang' diri menekan snooze atau tombol tunda di alarm. Begitu mendengar bunyi alarm, segera bangun dan tingkatkan aktivitas pada jam pertama terjaga. Beribadah, mandi, cuci muka, dengarkan musik yang ceria, atau mengobrol dengan kawan via ponsel.

6. Hindari kafein

Hindari minum kafein setelah pukul tiga sore. Disarankan juga untuk menyantap sarapan berprotein tinggi segera setelah bangun tidur. Selain itu, hindari paparan cahaya dari layar ponsel di malam hari. Terapkan jam malam, yakni menjauhkan layar setidaknya satu sampai dua jam sebelum waktu tidur.  

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement