Selasa 02 Jan 2024 22:00 WIB

Kelelahan Setelah Berlibur, Simak Tujuh Tips Mengatasinya

Pemulihan dari kelelahan adalah proses bertahap.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Penumpang kereta api tiba di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (2/1/2024). Aktivitas berlibur juga bisa bikin lelah.
Foto:

5. Tetapkan batasan

Tetapkan batasan yang jelas antara pekerjaan dan kehidupan pribadi.  Hindari memeriksa e-mail kantor atau menerima panggilan terkait pekerjaan sebelum benar-benar masuk kerja. Pilih aktivitas lain seperti membaca, berendam, atau mendengarkan musik menenangkan.

6. Ekspresikan kelelahan

Bicaralah dengan seseorang yang dipercaya tentang perasaan. Orang lain yang dimaksud bisa pasangan, keluarga, teman, atau kolega. Berbagi pengalaman dapat memberikan kelegaan dan dukungan emosional, kesempatan sempurna untuk mendapat kenyamanan.

7. Prioritas ke depan

Setelah liburan, perlu ada upaya penetapan prioritas dan penyesuaian ke depan untuk mencapai keseimbangan yang lebih baik antara kehidupan pribadi dan pekerjaan. Misalnya, dengan manajemen waktu yang lebih baik atau pencarian dukungan tambahan.

Ingatlah bahwa pemulihan dari kelelahan adalah proses bertahap, dan sangat penting untuk mengatasi akar penyebab stres dan kelelahan. Jika kelelahan terus berlanjut atau kesulitan mengatasinya, segera cari bantuan profesional dari penyedia layanan kesehatan atau ahli kesehatan mental.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement