Senin 15 Jan 2024 15:42 WIB

Bukan di Indonesia, Fandom Amerika Ternyata Paling Loyal Belanja Merchandise K-Pop

Penggemar K-pop di Amerika menghabiskan Rp 373 ribu per bulan untuk merchandise.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Friska Yolandha
Lightstick k-pop. Penggemar K-pop di Amerika menghabiskan Rp 373 ribu per bulan untuk merchandise.
Foto:

Secara umum, super fans adalah sebutan untuk basis penggemar yang aktif dari seorang atau grup selebriti. Para super fans ini akan selalu berpartisipasi untuk mendukung idola mereka melalui beragam cara, mulai dari streaming, menghadiri acara, meramaikan media sosial, hingga membeli merchandise.

Dalam dunia K-pop, seorang analis dari LUMINATE mengungkapkan bahwa para penggemar K-pop memiliki sifat yang sangat loyal dan penuh gairah. Proporsi super fans di antara para penggemar K-pop pun cenderung tinggi. Fenomena inilah yang tampaknya mulai merambah para penggemar K-pop di Amerika Serikat.

"Penggemar K-pop di Amerika Serikat memiliki karakteristik penyebaran paling besar di kalangan minoritas. Mungkin ada banyak orang yang mengonsumsi produk seniman untuk mengekspresikan identitas mereka," pungkas pihak LUMINATE.

Berbeda dengan kebanyakan penggemar musik lain, penggemar K-pop biasanya membeli produk atau merchandise untuk digunakan, bukan untuk sekedar dimiliki. Terlebih, acara tanda tangan idol K-pop relatif jarang dilakukan di luar negeri, sehingga penggemar di luar negeri seperti Amerika Serikat mengompensasinya dengan membeli merchandise.

Saat ini, pasar K-pop di AMerika Serikat tampak mengalami pertumbuhan yang stabil. Musik dunia, termasuk K-pop, mengalami pertumbuhan sebesar 26,2 persen bila dibandingkan dengan tahun lalu berdasarkan on demand audio streaming di Amerika Serikat.

 

Bila berkaca pada 10.000 lagu yang paling banyak diputar di Amerika Serikat, sekitar 88,8 persen lagu tersebut masih berbahasa Inggris. Di urutan kedua ada lagu berbahasa Spanyol dengan persentase 8,1 persen. Lagu berbahasa Korea menempati posisi ketiga dengan raihan sebesar 0,7 persen. 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement