Kamis 18 Apr 2024 18:56 WIB

Katarak, Glaukoma, Hingga Gangguan Retina Bisa Terjadi Akibat Diabetes tak Terkontrol

Pengidap diabetes perlu mengontrol gula darahnya.

Red: Reiny Dwinanda
Mata (ilustrasi). Gangguan penglihatan merupakan salah satu dari tiga besar komplikasi akibat diabetes.
Foto:

Pengidap diabetes tipe 2 harus segera memeriksakan matanya setelah didiagnosis. Sebab, penyakit tersebut sudah bulanan atau tahunan diidap, sehingga selama itu sudah ada proses penurunan fungsi organ, namun baru diketahui.

Dokter Made menyebut bahwa terdapat sejumlah penanganan bagi pasien diabetes yang terkena gangguan penglihatan. Untuk katarak, misalnya, tidak berarti harus dioperasi, namun perlu dievaluasi terlebih dahulu untuk mengetahui apabila penglihatannya dapat diperbaiki dengan kacamata yang tepat.

"Yang nomor dua, gangguan di retina. Nah, gangguan di retina ini cukup banyak penanganannya. Tapi, mau seperti apapun penanganannya, misalnya kita operasi, kita laser, kita berikan obat suntikan, itu tetap tidak akan sebaik mata yang tidak punya kencing manis," katanya.

Dokter Made mengingatkan bahwa mencegah penyakit lebih baik daripada mengobati. Sebab, apabila syaraf mata sudah terdampak, maka tidak akan dapat sembuh seperti sedia kala. Begitupun kalau sudah terkena glaukoma," ujarnya.

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement