Senin 29 Apr 2024 15:02 WIB

John Cusack Kecam Joe Biden yang Pakai Uang Negara Buat Danai Israel Bunuh Jurnalis

John Cusack mengkritisi jamuan makan malam koresponden Gedung Putih.

Rep: Rahma Sulistya/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor John Cusack terkenal sebagai selebritas Hollywood yang vokal membela Palestina.
Foto:

Pada satu titik, massa meneriakkan, "Media Barat, kami melihat Anda, dan semua kengerian yang Anda sembunyikan". Sementara itu, beberapa pengunjuk rasa lainnya tergeletak tak bergerak di trotoar, mengenakan rompi antipeluru berlumuran darah dengan tulisan "pers".

Kerumunan juga bersorak ketika seseorang di dalam Washington Hilton yang menjadi lokasi makan malam tersebut, mengibarkan bendera Palestina dari jendela hotel di lantai paling atas. Sejak perang Israel di Gaza dimulai Oktober lalu, militer Israel telah membunuh 142 pekerja media dan menangkap sedikitnya 40 jurnalis Palestina, menurut Kantor Media Pemerintah di Gaza.

Committee to Protect Journalist (CPJ) mengatakan bahwa 2023 adalah tahun paling mematikan bagi mereka yang menjalankan profesi jurnalisme dalam satu dekade terakhir. Sekitar 75 persen dari mereka yang terbunuh di seluruh dunia adalah warga Palestina yang melaporkan perang di Gaza.

Dalam pidatonya, Biden bersulang untuk "kebebasan pers dan demokrasi di seluruh dunia", namun gagal berbicara tentang penderitaan di Gaza. Dia menghabiskan sebagian besar pidatonya untuk mengolok-olok saingan utamanya dalam pemilihan presiden tahun ini, Donald Trump, serta usia lanjut mereka.

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement