Selasa 30 Apr 2024 08:44 WIB

Kecanduan Gadget, Orang Bisa Obesitas dan Mudah Lupa

Orang yang kecanduan gadget juga rentan terhadap gangguan kecemasan, bahkan depresi.

Red: Reiny Dwinanda
Kecanduan gadget (ilustrasi). Orang yang main ponsel lebih dari tiga jam sehari berisiko mengalami nyeri punggung.
Foto: www.freepik.com
Kecanduan gadget (ilustrasi). Orang yang main ponsel lebih dari tiga jam sehari berisiko mengalami nyeri punggung.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Anda, teman, atau anggota keluarga ada yang kecanduan gadget? Hati-hati, adiksi gawai bisa menyebabkan obesitas serta mudah diserang lupa.

"Dalam aspek kognitif jadi mudah lupa, istilahnya tidak konsentrasi. Terus secara fisik, dia bisa obesitas," kata dokter spesialis kesehatan jiwa Rumah Sakit Khusus Daerah (RSKD) Duren Sawit Jakarta, Yenny Sinambela dalam acara Jakarta Berjaga di kawasan Kebayoran Lama, Jakarta Selatan, Ahad (28/4/2024).

Baca Juga

Menurut dr Yenny, orang yang kecanduan menggunakan gawai terbiasa menyiapkan segala kebutuhannya dalam jangkauan tangan, termasuk makanan. Mereka sengaja melakukannya sebelum beraktivitas bersama gawai agar kesenangannya tidak terganggu.

Dampak lainnya, saraf motorik di tubuh mulai terasa nyeri. Itu dapat terjadi akibat terus terpaku menahan posisi bermain gawai yang tidak terlalu aktif.

"Kepala mulai terasa pusing atau tangannya terasa sakit," kata dr Yenny.

Kecanduan terhadap penggunaan gawai juga dapat menyebabkan seseorang menunda-nunda kegiatan produktif lain, seperti bekerja atau belajar. Selain itu, adiksi gadget bisa memunculkan masalah lain, misalnya kebangkrutan jika gawai tersebut dipakai untuk bermain judi daring, atau meningkatnya masalah pada pernikahan.

Dokter Yenny juga tidak menutup kemungkinan bahwa seseorang yang kecanduan gawai dapat rentan terhadap gangguan kecemasan, bahkan depresi. Jika seperti itu, dr Yenny menganjurkan orang yang terserang adiksi untuk dibawa oleh orang terdekatnya untuk memperoleh pertolongan medis dari dokter spesialis kesehatan jiwa.

Ciri-ciri orang dengan gangguan jiwa

Sementara itu, dokter spesialis kesehatan jiwa dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tarakan, Zulvia Oktanida Syarif, SpKJ Jakarta mengatakan ciri-ciri orang dengan gangguan jiwa yang membutuhkan pertolongan medis. Ciri-ciri gangguan jiwa itu diistilahkan dengan 3P.

Gangguan pikiran

Ketika seseorang terlihat memiliki gangguan pikiran yang sama secara terus-menerus, bahkan membuat orang itu menjadi sulit tidur, maka sebaiknya orang terdekat memeriksakan orang itu ke dokter atau psikolog.

Gangguan perasaan

Seseorang yang terus merasa sedih, cemas, atau marah secara berkelanjutan, sebaiknya diberi pertolongan dengan membawanya untuk ditangani oleh dokter atau psikolog.

Gangguan perilaku

Gangguan itu membuat seseorang terasa berbeda kepribadian dari sebelumnya. Misalnya orang tersebut menarik diri dari pergaulan, terlihat mudah tersinggung, bahkan bisa menangis terus-terusan. Orang terdekat dianjurkan untuk mencari bantuan dokter atau psikolog.

"Ketika melihat ada 3P ini, itu adalah peringatan untuk kita mencari bantuan profesional. Bisa ke psikolog ataupun ke psikiater (dokter spesialis kesehatan jiwa)," katadr  Zulvia.

Jakarta masuk ke dalam daftar 10 kota dengan tingkat stres tertinggi di dunia, berdasarkan laporan The Least and Most Stressful Cities Index tahun 2021. Riset global yang lain dalam Health Service Monitoring 2023 yang menyurvei pandangan 23.274 responden dewasa yang tersebar di 31 negara pada periode 21 Juli-4 Agustus 2023 menyatakan bahwa kesehatan mental menjadi masalah kesehatan yang paling mengkhawatirkan, di atas kanker.

sumber : Antara
Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement