Jumat 03 May 2024 16:53 WIB

Dokter Kulit Ungkap Cara Cegah Flek Hitam Akibat Sinar Matahari

Paparan berlebihan sinar matahari meningkatkan risiko munculnya hiperpigmentasi.

Red: Ani Nursalikah
Gunakan tabir surya sebagai perlindungan kulit dari efek buruk sinar matahari.
Foto: Picryl
Gunakan tabir surya sebagai perlindungan kulit dari efek buruk sinar matahari.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Dokter spesialis kulit Fitria Agustina mengatakan flek hitam akibat paparan sinar matahari saat cuaca panas dapat dicegah dengan produk perawatan kulit yang dapat mencerahkan seperti serum vitamin C.

 

Baca Juga

“Produk dengan bahan seperti konic acid, asam azelaat, atau vitamin C dapat membantu memudarkan flek hitam dengan penggunaan yang teratur,” kata Fitria melalui wawancara pesan singkat yang diterima, Jumat (3/5/2024).

 

Fitria mengatakan paparan berlebihan sinar matahari dapat meningkatkan risiko munculnya hiperpigmentasi atau flek hitam pada kulit. Kondisi ini terutama terjadi pada individu dengan jenis kulit yang lebih gelap atau memiliki riwayat hiperpigmentasi.

 

Selain serum perawatan yang bersifat mencerahkan, menggunakan tabir surya setiap hari adalah langkah penting untuk mencegah peningkatan pigmentasi kulit yang sudah ada dan mencegah munculnya flek hitam baru.

 

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini menyarankan untuk menggunakan tabir surya broadspectrum dengan SPF tinggi (minimal 30) dan PA++++ untuk menghindari paparan berlebihan terhadap sinar matahari dan mencegah munculnya flek hitam.

 

Selain itu, eksfoliasi dengan AHA dan retinol topikal juga dapat membantu mengangkat lapisan kulit yang mengandung pigmentasi berlebihan, membantu memudarkan flek hitam. Untuk menjaga kelembapan, Fitria mengatakan untuk menggunakan pelembab yang ringan dan tidak berminyak untuk menjaga kelembapan kulit, terutama setelah mandi atau berada di bawah sinar matahari.

Eksfoliasi dengan AHA dapat membantu...

sumber : Antara
BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement