Senin 06 May 2024 05:01 WIB

Kalau Beda Agama, Apakah Pernikahan Rizky Febian-Mahalini Sah Menurut Islam?

Mahalini akan memeluk Islam sebelum menikah dengan Rizky Febian pada 8 Mei 2024.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Mahalini dan Rizky Febian. Pasangan penyanyi ini akan menikah pada 8 Mei 2024. Rizky beragama Islam, sementara Mahalini menganut Hindu.
Foto: Tangkapan layar Instagram Rizky Febian
Mahalini dan Rizky Febian. Pasangan penyanyi ini akan menikah pada 8 Mei 2024. Rizky beragama Islam, sementara Mahalini menganut Hindu.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Pasangan penyanyi Rizky Febian dan Mahalini akan menggelar prosesi pernikahan pada 8 Mei 2024. Mereka telah menggelar rangkaian upacara adat di Bali pada 5 Mei 2024 sebelum ijab-qabul di Jakarta.

Selama ini, diketahui secara meluas bahwa Rizky Febian memeluk agama Islam, sementara Mahalini menganut agama Hindu. Dalam pernyataan videonya pada Ahad, komedian Sule sebagai ayah Rizky menjelaskan bahwa Mahalini telah menjalani ritual adat Bali mepamit agar mendapat izin keluarga dan leluhurnya untuk menjadi mualaf.

Baca Juga

Andaikan ada yang menikah beda agama, bagaimana hukumnya menurut Islam? Ulama KH Muhammad Cholil Nafis lewat akun X (sebelumnya disebut Twitter) miliknya, @cholilnafis, mengulas hal tersebut. Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Pusat 2020-2025 itu menyebut hukum pernikahan beda agama sebagai tidak sah.

 

"Nikah beda agama kalau menurut Islam itu tidak sah, sedangkan pemerintah itu hanya pencatatan nikah bukan mengesahkan akad nikahnya. Artinya, perkawinan beda agama itu saat hubungan suami istri sama dengan berzina menurut ajaran Islam," kata Kiai Cholil.

Dosen UIN Syarif Hadayatullah dan Universitas Indonesia itu menjelaskan bahwa para ulama sepakat bahwa perempuan Muslimah tidak sah menikah dengan non-Muslim. Sementara, laki-laki Muslim jika menikah dengan non-Muslimah hukumnya berbeda pendapat.

 

"Ada yang membolehkan, juga ada yang melarangnya, tapi ulama muatahir mengharamkan. MUI, Nahdlatul Ulama (NU), dan Muhammadiyah melarangnya," tutur pria yang menjabat sebagai Rais Syuriyah PB NU pada 2022-2027 tersebut.

Pengasuh Pesantren Cendekia Amanah, Depok, itu juga mencantumkan penjelasan lengkap yang dia paparkan di situs cholilnafis.com. Di Indonesia, secara yuridis formal, perkawinan diatur dalam Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan dan Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1991 tentang Kompilasi Hukum Islam.

Kedua produk perundang-undangan tersebut mengatur masalah-masalah yang berkaitan dengan perkawinan, termasuk perkawinan antar agama. Dalam Undang-undang Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1974 tentang Perkawinan pasal 2 ayat (1) disebutkan: "Perkawinan adalah sah, apabila dilakukan menurut hukum masing-masing agamanya dan kepercayaannya itu".

Dalam rumusan ini diketahui bahwa tidak ada perkawinan di luar hukum masing-masing agama dan kepercayaan. Hal senada diterangkan beberapa pasal dalam Instruksi Presiden Republik Indonesia Nomor 1 Tahun 1991 tentang Kompilasi Hukum Islam, termasuk pasal empat, pasal 40, serta pasal 44.

Tentunya, peraturan dan undang perkawinan itu menyerap dari hukum Islam. Dalam Alquran surat Al Baqarah ayat 221, Allah SWT melarang pernikahan beda agama dan sama sekali tak membuka peluang disahkan. Begitu pula dalam Alquran surat Al-Mumtahanah ayat 10 menjelaskan bahwa haram hukumnya seorang Muslim menikah dengan orang kafir.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement