Senin 03 Jun 2024 18:15 WIB

Tanda Detak Jantung tak Normal, Kapan Harus Periksa ke Dokter?

Rata-rata detak jantung istirahat dewasa berada di kisaran 60-100 detak per menit.

Red: Qommarria Rostanti
Seorang pria mengalami detak jantung tak normal (ilustrasi). Jika Anda mengalami detak jantung tidak normal, maka sebaiknya memeriksakan diri ke penyedia layanan kesehatan.
Foto: www.freepik.com.
Seorang pria mengalami detak jantung tak normal (ilustrasi). Jika Anda mengalami detak jantung tidak normal, maka sebaiknya memeriksakan diri ke penyedia layanan kesehatan.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Denyut jantung istirahat di bawah 35 hingga 40 denyut per menit atau lebih dari 100 denyut per menit dapat menimbulkan kekhawatiran. Saat sakit, Anda mungkin bertanya-tanya apakah kondisi Anda sudah cukup parah sehingga harus pergi ke penyedia layanan kesehatan atau apakah Anda bisa menunggu di rumah saja?

Namun jika menyangkut masalah jantung, waktu sangatlah berharga. Jika Anda mengalami detak jantung tidak normal disertai gejala terkait seperti nyeri dada atau pusing yang menimbulkan kekhawatiran, Anda harus segera mencari pertolongan medis. Dengan melakukan hal ini, penyedia layanan kesehatan dapat mengetahui tanda-tanda awal serangan jantung atau mendiagnosis kondisi lain seperti penyakit jantung sebelum menimbulkan dampak yang signifikan.

Baca Juga

Spesialis aritmia jantung Shady Nakhla MD, menjelaskan kapan detak jantung dapat menimbulkan kekhawatiran, gejala apa yang harus diwaspadai, dan mengapa diagnosis resmi dari penyedia layanan kesehatan bermanfaat dalam skenario apa pun. Berapa detak jantung yang berbahaya?

Anda dapat memeriksa detak jantung dengan meletakkan jari di pergelangan tangan atau leher, menggunakan monitor detak jantung, atau jam tangan pintar untuk mengukur jumlah detak jantung dalam satu menit. Untuk memulai, duduk dan lakukan yang terbaik untuk merasa tenang selama lima hingga 10 menit sebelum melakukan pengukuran.

Jika detak jantung di bawah 35–40 denyut per menit (bpm) atau di atas 100 bpm, ada baiknya Anda memeriksakan diri ke penyedia layanan kesehatan, terutama jika pengukuran yang Anda peroleh tidak normal atau jika Anda mengenali perubahan ini dengan gejala lain, seperti:

-Palpitasi jantung

-Sesak napas

-Nyeri dada

-Sakit kepala ringan atau pingsan

-Pusing

“Jika Anda mendeteksi adanya ketidakteraturan pada denyut nadi, yang berarti ini adalah sesuatu yang baru bagi Anda, Anda harus mencari perawatan,” kata dr Nakhla seperti dikutip dari laman Cleveland Clinic Health Essentials.

Pencarian cepat di internet untuk mengetahui “Berapa detak jantung normal” akan membawa Anda ke beberapa sumber. Namun hampir semuanya mengatakan hal yang kurang lebih sama: rata-rata detak jantung istirahat untuk orang dewasa harus berada dalam kisaran 60–100 detak per menit. Untuk anak-anak, angka tersebut cenderung lebih tinggi.

Namun menargetkan rata-rata tersebut bisa sedikit menyesatkan jika Anda tidak mempertimbangkan karakteristik individu seperti usia, berat badan, tingkat aktivitas fisik, atau adanya kondisi medis mendasar yang mungkin Anda miliki, seperti:

-Diabetes

-Kecemasan

-Apnea tidur

-Kondisi terkait jantung lainnya

-Semua faktor ini dapat memengaruhi apakah detak jantung meningkat atau menurun seiring waktu.

Sekarang, hanya karena Anda berada di luar kisaran 60–100 bpm bukan berarti Anda berada dalam bahaya. Seseorang yang atletis berusia 20-an, 30-an, atau bahkan 40-an, misalnya, mungkin mengalami detak jantung istirahat yang lebih rendah yaitu 50 detak per menit. Angka-angka tersebut mungkin tidak mengkhawatirkan jika mereka sudah terbiasa dan tidak mengalami gejala baru atau tidak normal lainnya yang perlu dikhawatirkan.

“Bagi atlet, jaringannya, ototnya, tubuhnya lebih efisien dalam menangani oksigen, karbon dioksida, dan laktat, sehingga mereka tidak memerlukan detak jantung sesering mungkin,” ujar dr Nakhla.

Jadi, apa yang normal bagi seseorang belum tentu normal bagi orang lain. Terkait penyakit jantung, memahami kesehatan pribadi Anda dan mewaspadai gejala spesifik serta kekhawatiran yang mengkhawatirkan dapat menjadi kuncinya. “Ada berbagai jenis irama jantung yang tidak normal, beberapa di antaranya berbahaya dan beberapa di antaranya memerlukan perawatan dalam beberapa hari,” kata dr Nakhla.

“Tanpa mengetahui situasi Anda dan apa yang terjadi, sulit untuk memberikan pedoman umum tentang apa yang dianggap sebagai detak jantung yang berbahaya," ujarnya lagi.

Faktanya, ada sejumlah kondisi irama jantung yang semuanya dapat berdampak pada detak jantung tanpa Anda menyadarinya sampai Anda didiagnosis. Beberapa kondisi jantung tersebut antara lain:

-Fibrilasi atrium

-Kepakan atrium

-Takikardia atrium

-Takikardia supraventrikular

-Takikardia ventrikel

-Kontraksi ventrikel prematur (PVC)

Kapan harus pergi ke rumah sakit

“Masuk akal untuk mencari perawatan jika Anda mengalami detak jantung istirahat kurang dari 35-40 detak per menit atau detak jantung istirahat lebih dari 100 detak per menit,” kata dr Nakhla.

Dia menyebut, jika mengalami sesuatu yang tidak normal, Anda harus mencari pertolongan medis sehingga penyedia layanan kesehatan dapat mendiagnosis apa yang menyebabkan gejala Anda atau apa yang mungkin menyebabkan detak jantung Anda lebih tinggi atau lebih rendah dari biasanya. Meskipun ada beberapa hal yang dapat dilakukan di rumah untuk membantu menenangkan saraf atau menurunkan detak jantung, dr Nakhla sangat menganjurkan semua orang untuk tidak berdiam diri dan menunda diagnosis karena alasan apa pun.

“Bagi seseorang yang belum mendapatkan diagnosis, kekhawatirannya adalah ada sesuatu yang dapat mengancam jiwa dan berisiko bagi Anda mencoba hal-hal lain sampai Anda mengetahui dengan pasti apa yang terjadi dan mendapatkan bimbingan dari dokter," ujarnya.

 

BACA JUGA: Update Berita-Berita Politik Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement