Senin 17 Jun 2024 20:52 WIB

Lima Teh yang Bisa Mempercepat Pembakaran Lemak Perut Menurut Studi

Teh secara alami kaya antioksidan dan senyawa dengan berbagai manfaat.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Friska Yolandha
Teh Oolong
Foto:

3. Teh hitam

Penggemar chai, teh sarapan ala Inggris, dan Earl Grey (semua jenis teh hitam) akan senang mengetahui bahwa penelitian telah mengaitkan teh hitam dengan penurunan berat badan dan pengurangan lemak visceral.

Sebuah laporan tahun 2016 yang diterbitkan dalam jurnal Molecules mengatakan bahwa polifenol yang ditemukan dalam teh hitam memiliki sifat anti-obesitas dan dapat membantu mengurangi berat badan dan lemak visceral.

Peserta dari studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Food & Function yang minum tiga cangkir teh hitam setiap hari selama tiga bulan mengalami penurunan berat badan dan pengurangan lingkar pinggang (alias lemak perut) yang lebih banyak daripada mereka yang tidak minum teh.

4. Teh putih

Teh putih atau white tea telah ditemukan dapat mempercepat metabolisme dan meningkatkan oksidasi lemak, yang dapat membantu menurunkan atau mengelola berat badan secara keseluruhan.

Sebuah laporan tahun 2023 baru-baru ini yang diterbitkan dalam Food Safety & Health juga menyimpulkan bahwa teh putih memiliki dampak yang menguntungkan pada penurunan berat badan serta lemak visceral pada khususnya.

5. Teh Pu-erh

Salah satu jenis teh hitam fermentasi China yang dikenal sebagai teh pu-erh telah dikaitkan dengan penurunan berat badan atau pengurangan lemak dalam beberapa penelitian. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam Phytotherapy Research menemukan bahwa partisipan pria dengan sindrom metabolik yang minum teh pu-erh mengalami sedikit penurunan lemak tubuh dan BMI.

Studi lain dari Nutrition Research menemukan bahwa ekstrak dari teh pu-erh membantu menurunkan berat badan, BMI, dan lemak visceral pada orang dewasa Jepang.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement