Jumat 13 Sep 2024 14:15 WIB

Lisa Blackpink Menang Best K-Pop di VMAs 2024, Tuai Kritikan karena Bahasa dan Negara Asal

Lisa Blackpink meraih penghargaan Best K-pop untuk lagu solo 'Rockstar'.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Lisa Blackpink berhasil meraih penghargaan Best K-pop untuk lagu solonya Rockstar pada ajang MTV Video Music Awards (VMAs) 2024.
Foto: Dok. Instagram/@vmas
Lisa Blackpink berhasil meraih penghargaan Best K-pop untuk lagu solonya Rockstar pada ajang MTV Video Music Awards (VMAs) 2024.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA – Lisa dari Blackpink berhasil meraih penghargaan Best K-pop untuk lagu solonya “Rockstar” pada ajang MTV Video Music Awards (VMAs) 2024. Lisa juga tampil memukau dengan membawakan lagu-lagu solonya di hadapan audience yang hadir di UBS Arena, New York, AS pada 11 September.

Namun demikian, kemenangan Lisa di MTV VMAs 2024 menuai kritik di kalangan warganet. Banyak di antara mereka yang merasa bahwa penghargaan tersebut kurang tepat, mengingat lagu “Rockstar” berbahasa Inggris, bukan Korea.

Baca Juga

Selain itu, meskipun Lisa adalah member Blackpink, namun ia berasal dari Thailand dan lagu tersebut merupakan salah satu karya solo di bawah naungan label yang ia dirikan sendiri, LLOUD. “Lagu ini berbahasa Inggris dan Lisa adalah orang Thailand?,” kata pengguna X, @dawl**, mengunggah cicitan dengan pertanyaan kritis.

“Entahlah rasanya aneh mereka yang memberikan Lisa penghargaan K-pop. padahal dia jelas-jelas mengeluarkan lagu pop, bahan lebih banyak bahasa Jepang daripada Korea. Dia jelas-jelas mencoba membuktikan dirinya lebih dari sekadar idola K-pop. Entahlah, entahlah,” kata akun @Golde** seperti dilansir Koreaboo, Jumat (13/9/2024).

Deretan kritik mengenai hal ini juga berkembang di Reddit. Menurut laporan Koreaboo, banyak warganet di platform tersebut merasa bahwa VMAs hanya memasukkan artis Asia ke dalam kategori K-pop tanpa riset, serta tidak mempertimbangkan konteks dan latar belakang musisi.

Di sisi lain, kemenangan ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi Blink, para penggemar Blackpink. Di platform X, para Blink membagikan ulang potret Lisa saat membawa piala penghargaan VMAs 2024.

“Lisa satu-satunya solois yang memenangkan penghargaan Best K-pop sebanyak dua kali. Luar biasa,” kata akun @allur**.

Single solo Lisa “Rockstar” merupakan proyek pertamanya setelah mendirikan LLOUD pada Februari 2024. Single ini dirilis pada 28 Juni 2024, bersamaan dengan musik video yang tayang di akun YouTube LLOUD Official. Lisa sendiri menjadikan kawasan Jalan Yaowarat, bagian dari Chinatown Bangkok, Thailand, sebagai lokasi utama syuting video musik “Rockstar”. Seiring dengan meledaknya video musik “Rockstar”, area tersebut pun ramai dikunjungi turis.

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement