Senin 07 Aug 2023 11:21 WIB

Bokong dan Anus Terasa Gatal Melulu, Kapan Harus Curiga Kanker?

Ada banyak penyebab bokong terasa gatal.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Toilet umum (Ilustrasi). Selain gatal di area pembuangan, penderita kanker anus juga dapat kesulitan untuk mengendalikan keluarnya kentut dan feses.
Foto:

Kabar baiknya, tak semua keluhan gatal di area anus atau bokong berkaitan dengan kanker. Bahkan, sebagian besar keluhan gatal di area bokong disebabkan oleh kondisi yang lebih ringan dibandingkan kanker. Beberapa contohnya adalah wasir, cacingan, serta iritasi anus karena konsumsi makanan pedas.

"Sebagian besar orang dengan gejala gatal di bokong tak mengidap kanker anus atau usus," tutur dr Lee, seperti dilansir Express pada Ahad (6/8/2023).

Terlepas dari penyebabnya, dr Lee mengimbau orang-orang yang mengalami keluhan gatal di bokong untuk tidak membuat asumsi sendiri. Meski sebagian besar kasusnya tidak membahayakan jiwa, kemungkinan kanker tetap ada.

Oleh karena itu, dr Lee menganjurkan orang-orang yang mengalami gatal di area anus atau bokong untuk memeriksakan diri ke dokter. Terlebih, bila keluhannya juga disertai dengan beberapa gejala kanker anus atau usus lain.

"Segera kunjungi dokter tanpa menunda-nunda," ujar Dr Lee.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement