Senin 06 May 2024 20:02 WIB

Aktor John Cusack Apresiasi Keberhasilan Demo Pro Palestina Mahasiswa UC Riverside

UC Riverside jadi kampus UC pertama capai kesepakatan dengan mahasiswa pro Palestina.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Aktor John Cusack terkenal sebagai selebritas Hollywood yang vokal membela Palestina.
Foto: EPA/BRITTA PEDERSEN
Aktor John Cusack terkenal sebagai selebritas Hollywood yang vokal membela Palestina.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Aksi demo yang dilakukan oleh para mahasiswa berhasil mendorong University of Columbia (UC) Riverside untuk melakukan divestasi dari Israel. Keberhasilan para mahasiswa dalam demo pro Palestina ini mendapatkan pujian dari aktor John Cusack.

"Seperti inilah yang seharusnya dilakukan," tulis bintang film Serendipity tersebut melalui akun X pribadinya, seperti dikutip pada Senin (6/5/2024).

Baca Juga

Sejak 29 April lalu, para mahasiswa di UC Riverside menggelar aksi demo pro Palestina dengan duduk dan membangun perkemahan di lingkungan kampus. Melalui demo ini, para mahasiswa mendesak agar pihak universitas mengungkapkan semua investasi dan pendanaan universitas yang berkaitan dengan Israel.

Para mahasiswa juga mendesak agar pihak universitas melakukan divestasi dari perusahaan dan institusi yang diduga terlibat atau mendukung okupasi, apartheid, dan genosida yang dilakukan oleh Israel terhadap warga Palestina.

Pihak administrator UC Riverside dan para mahasiswa pro Palestina akhirnya mencapai kesepakatan pada 3 Mei lalu. Dalam kesepakatan tersebut, para mahasiswa setuju untuk menyudahi perkemahan mereka pada Jumat (3/5/2024). Di sisi lain, pihak administrator UC Riverside sepakat untuk memenuhi permintaan para mahasiswa.

Dalam pernyataan resmi mereka, pihak UC Riverside menegaskan bahwa mereka akan bersikap transparan terhadap investasi mereka. Selain itu, pihak kampus akan mempertimbangkan penghapusan donasi dari sistem yang lebih luas dalam kantor investasi UC.

"(Mereka akan menginvestasikan ulang dana tersebut) dengan cara yang sehat secara finansial dan etika bagi universitas dengan mempertimbangkan perusahaan-perusahaan yang terlibat dalam produksi dan pengiriman senjata," jelas pihak UC Riverside, seperti dilansir Huffington Post pada Senin (6/5/2024).

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement