Sabtu 11 May 2024 22:32 WIB

Spanyol Hentikan Investigasi Kasus Dugaan Penipuan Pajak Shakira

Penyanyi Shakira sempat terbelit kasus pajak di Spanyol.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Reiny Dwinanda
Penyanyi asal Kolombia, Shakira, sempat terbelit kasus penggelapan pajak di Spanyol. Kasusnya telah ditutup karena kurangnya alat bukti.
Foto:

Terlepas dari kesimpulan penyelidikan kriminal, Shakira masih memiliki satu kasus administratif yang belum terselesaikan terkait dengan penghasilannya pada 2011. Namun, tim hukumnya menyatakan bahwa ketika itu dia cuma tinggal sebentar di Spanyol, kurang dari setengah jumlah waktu minimum untuk bisa dianggap sebagai wajib pajak.

Dilansir Aceshowbiz, Sabtu (11/5/2024), pihak-pihak berwenang Spanyol telah meningkatkan tindakan keras mereka terhadap penghindaran pajak dalam beberapa tahun terakhir, dengan beberapa selebritas terkenal, termasuk pesepakbola Lionel messi dan Cristiano Ronaldo, menghadapi dakwaan. Kedua pemain tersebut akhirnya dinyatakan bersalah, tetapi menerima hukuman percobaan karena baru pertama kali melakukan pelanggaran.

Shakira kini tinggal di Miami, AS bersama kedua putranya. Sebelumnya, dia diidentifikasi dalam "Paradise Papers", yang mengungkap penggelapan pajak luar negeri dari individu-individu terkemuka, termasuk penyanyi Madonna dan vokalis band U2 Bono.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement