Jumat 27 Sep 2024 17:36 WIB

Sebagian Foto Arsip Pengguna di Instagram Terhapus, Ternyata Ini Penyebabnya

Meski masalah sudah diatasi, namun Meta tak bisa mengembalikan foto yang hilang.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Logo Instagram (paling kiri). Instagram mengalami masalah teknis yang menyebabkan sejumlah foto dari Arsip Stories pengguna dihapus secara permanen.
Foto: AP Photo/Jenny Kane, File
Logo Instagram (paling kiri). Instagram mengalami masalah teknis yang menyebabkan sejumlah foto dari Arsip Stories pengguna dihapus secara permanen.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA – Instagram mengalami masalah teknis yang menyebabkan sejumlah foto dari Arsip Stories pengguna dihapus secara permanen. Masalah yang disebabkan oleh bug ini mulai terdeteksi pada Juli 2024, dan Instagram mengklaim telah memperbaikinya.

“Kami menemukan dan memperbaiki bug yang menyebabkan beberapa Highlight dan foto Arsip pengguna terhapus,” demikian menurut juru bicara Meta, perusahaan induk Instagram, dalam sebuah pernyataan seperti dilansir CNN, Jumat (27/9/2024).

Baca Juga

Namun meskipun telah diperbaiki, Meta mengatakan bahwa mereka tidak bisa mengembalikan foto arsip yang terhapus. Karena itulah, mereka akan memberikan notifikasi kepada pengguna yang terdampak masalah bug ini.

“Sayangnya, kami tidak dapat mengembalikan Stories ini dan kami memberi tahu para pengguna di Instagram jika mereka terkena dampaknya,” kata Meta.

Meta menambahkan bahwa layar hitam yang menunjukkan notifikasi kesalahan itu akan hilang pada Juli 2025. Bug sendiri diartikan sebagai sebuah kecacatan, error, ataupun kegagalan fungsi yang menyebabkan suatu fitur atau aplikasi tidak dapat berjalan sesuai dengan kebutuhan atau harapan.

Di Indonesia sendiri, isu ini tengah hangat diperbincangkan warganet. Banyak juga pengguna yang terkejut karena beberapa foto di arsipnya tidak lagi bisa diakses.

“Barusan menyadari bahwa Archive Story Instagram lama berupa video sudah diubah menjadi foto oleh pihak Instagram. Mungkin kita perlu belajar mengikhlaskan kenangan, masa lalu tak perlu diingat-ingat dan mulai berfokus pada apa yang terjadi saat ini,” demikian cicitan akun @sangju** di X.

“Terus ngapain ada Instagram kalau Archive lu hapus,” kata pengguna X sambil mengunggah tangkapan layar notifikasi bahwa foto di arsip tidak lagi tersedia.

Instagram Stories sendiri merupakan fitur postingan sementara yang lebih kasual, di mana pengguna dapat mengunggah foto, video, atau teks yang akan hilang dalam waktu 24 jam. Konten ini dapat disimpan secara permanen sebagai Sorotan/Highlight di profil atau dengan teman dekat melalui Close Friends. Secara default, Stories akan disimpan ke Arsip Stories yang kemungkinan terhapus karena masalah bug ini.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement