Selasa 28 Mar 2023 00:30 WIB

Kenapa Makanan Kucing Juga Perlu Dipastikan Halal?

Produk makanan kucing juga ada yang hanya mencantumkan label no pork.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Reiny Dwinanda
Kucing sedang menyantap makanan yang disediakan pemiliknya. Muslim perlu memastikan makanan kucingnya halal karena sebab tertentu.
Foto:

Faktor terakhir yang menjadi pertimbangan produsen melakukan sertifikasi makanan hewan adalah terkait penyimpanan. Banyak pakan memiliki kemasan besar yang tidak sekali habis sehingga ada yang perlu disimpan dalam kondisi dingin, seperti wet food untuk kucing.

Diana menjelaskan sangat jarang penyayang kucing yang memiliki kulkas terpisah sehingga umumnya diletakkan bercampur dengan kulkas penyimpanan makanan pemilik hewan. Banyak pencinta binatang yang khawatir makanannya terkontaminasi benda haram/najis dari pakan peliharaan yang disimpan bersebelahan.

Sertifikasi halal menjadi cara yang digunakan produsen makanan kucing untuk menepis kekhawatiran para pembeli pakan kucing. Karena itu, sikap produsen makanan kucing mengajukan sertifikasi halal tak lain merupakan salah satu upaya preventif untuk menghindarkan umat Islam bersentuhan dengan hal-hal yang diharamkan maupun mengonsumsi makanan yang bercampur najis.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement