Rabu 01 May 2024 16:32 WIB

Warganet Tuding Hybe Sabotase Comeback Seventeen, Apa Sebab?

Video musik Maestro oleh Seventeen tidak diluncurkan di Youtube Premiere.

Rep: Adysha Citra Ramadani/ Red: Reiny Dwinanda
Grup K-pop Seventeen. Hybe dituding menyabotase Seventeen dengan tidak mempromosikan video musik Maestro di Youtube Premiere.
Foto: Dok JTBC
Grup K-pop Seventeen. Hybe dituding menyabotase Seventeen dengan tidak mempromosikan video musik Maestro di Youtube Premiere.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Sejumlah warganet belakangan ini menuding HYBE telah menyabotase comeback terbaru grup K-pop Seventeen. Tudingan ini muncul karena perilisan video musik terbaru Seventeen tidak dilakukan dengan fitur Youtube Premiere.

Seperti diketahui, Youtube Premiere merupakan sebuah layanan yang memungkinkan penonton untuk menonton video baru secara real time. Sebelum video baru tersebut diunggah, penonton bisa menyetel pengingat hingga saling berbicara dengan penonton lain di kolom chat.

Baca Juga

Fitur ini sangat umum digunakan oleh banyak penyanyi dan agensi musik untuk merilis video musik terbaru mereka. Dengan begitu, para penggemar bisa menonton video musik baru tersebut bersama-sama secara daring, sesaat setelah video musik diunggah.

Akan tetapi, hal serupa tidak terjadi ketika Seventeen melakukan comeback pada 29 April 2024 dengan lagu "Maestro" dan album 17 Is Right Here. Alih-alih dirilis dengan fitur Youtube Premiere, video musik "Maestro" diunggah secara konvensional di kanal Youtube resmi HYBE LABELS.

Kehadiran video musik baru ini hanya diumumkan melalui sebuah cicitan di akun X resmi dari Seventeen. Cicitan tersebut diunggah tepat jam 18.00 KST atau 16.00 WIB pada 29 April lalu.

"SEVENTEEN (세븐틴) 'MAESTRO' Official MV," tulis akun Seventeen di X, seperti dilansir Koreaboo pada Rabu (1/5/2024).

Hal ini sontak membuat banyak penggemar Seventeen atau Carat merasa kecewa. Terlebih, penggunaan fitur Youtube Premiere biasanya dapat menumbuhkan antusiasme para penggemar terhadap video musik yang baru dirilis.

"Tak ada Youtube Premiere untuk 'Maestro' jadi semuanya harus mengecek video musik ini (secara manual) sesegera mungkin di Youtube sesaat setelah video itu dirilis," tulis seorang penggemar.

Seorang penggemar lain merasa situasi ini merupakan cerminan dari perlakuan kurang adil Hybe terhadap Seventeen. Bahkan, dia menuding Hybe telah menyabotase comeback terbaru Seventeen ini.

"Fakta bahwa 'Maestro' tidak memiliki Youtube Premiere menunjukkan semua hal yang perlu diketahui mengenai Hybe. Mereka menyabotase Seventeen. Tak ada cara lain untuk melihat (situasi) ini," tutur penggemar tersebut.

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement