Kamis 02 May 2024 16:51 WIB

Kebun Binatang San Diego akan Terima Dua Panda Raksasa Baru dari China

China telah meminjamkan panda ke AS sejak 1972.

Rep: Noer Qomariah Kusumawardhani/ Red: Friska Yolandha
Kebun Binatang San Diego mengumumkan mereka akan menerima dua panda baru dari China setelah hampir semua panda dikembalikan.
Foto: EPA-EFE/XINHUA
Kebun Binatang San Diego mengumumkan mereka akan menerima dua panda baru dari China setelah hampir semua panda dikembalikan.

AMEERALIFE.COM,  JAKARTA -- Kebun Binatang San Diego mengumumkan mereka akan menerima dua panda baru dari China setelah hampir semua panda raksasa yang dipinjamkan ke kebun binatang Amerika Serikat (AS) dikembalikan ke negara tersebut. Dua panda itu diperkirakan akan tiba pada musim panas ini.

Dilansir CBS News, Kamis (2/5/2024), Aliansi Margasatwa Kebun Binatang San Diego mengumumkan pada Ahad (28/5/2024) bahwa pemimpin tim perawatannya mengunjungi China dan bertemu dengan dua panda raksasa yang bernama Yun Chuan dan Xin Bao. Keduanya akan dirawat di kebun binatang California.

Baca Juga

Dalam rilis berita, pihak kebun binatang mengungkapkan Yun Chuan hampir berusia lima tahun dan merupakan cucu dari Bai Yun, yang tinggal di Kebun Binatang San Diego selama 23 tahun. Namanya merupakan gabungan dari nama neneknya dan provinsi tempat asalnya, Chuan.

Sedangkan, Xin Bao hampir berusia empat tahun dan, seperti Yun Chuan, lahir di Pangkalan Panda Wolong Shenshuping, China. Nama Xin Bao berarti "harta baru berupa kemakmuran dan kelimpahan".

Xin Bao digambarkan oleh kebun binatang sebagai "seorang introvert yang lembut dan jenaka dengan wajah bulat yang manis dan telinga besar".

“Mitra konservasi kami di China berbagi foto dan ciri-ciri kepribadian Yun Chuan dan Xin Bao, namun bertemu langsung dengan mereka sangatlah istimewa,” kata Dr. Megan Owen, wakil presiden ilmu konservasi di  Aliansi Margasatwa Kebun Binatang San Diego.

“Ini menginspirasi ketika orang-orang dari seluruh dunia berkumpul untuk melestarikan, melindungi, dan merawat beruang istimewa ini, dan kami tidak sabar untuk menyambut mereka di San Diego.”

Asosiasi Margasatwa dan Konservasi China telah meminjamkan panda ke AS sejak 1972. Peminjaman ini adalah sebuah perjanjian yang dijuluki "diplomasi panda".

Berdasarkan perjanjian tersebut, Kebun Binatang Nasional Smithsonian, Kebun Binatang Atlanta, Kebun Binatang Memphis, dan Kebun Binatang San Diego semuanya menerima panda dan bekerja sama dengan China dalam proyek penelitian dan konservasi. Perjanjian dengan pihak kebun binatang telah diperpanjang beberapa kali.

San Diego menerima dua....

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement