Senin 20 May 2024 13:59 WIB

Penggalangan Dananya Sempat Dipersoalkan, Daud Kim Wujudkan Mimpi Bangun Masjid di Korea

Penggalangan dana pembangunan masjid oleh Daud Kim sempat menuai kontroversi.

Rep: Umi Nur Fadhilah/ Red: Reiny Dwinanda
Youtuber Korea Selatan Daud Kim menunaikan umroh di 2022. Dalam unggahan Instagram terbarunya, Kim memperlihatkan masjid yang berhasil didirikannya di Korea Selatan.
Foto:

Pemilik properti mengatakan dia tidak tahu tentang rencana Kim untuk membangun masjid. Kim semula hendak mendirikan masjid di lahan seluas 284,4 meter persegi di Pulau Yeongjong, Incheon seharga 189,2 juta won atau Rp2,18 miliar.

"Akhirnya dengan bantuan Anda, saya telah menandatangani kontrak tanah untuk membangun masjid di Incheon. Saya tidak percaya hari ini telah tiba. Saya berencana untuk membangun tempat sholat dan studio podcast islami untuk dakwah kepada masyarakat Korea," katanya pada pertengahan April 2024.

Kala itu, Kim sempat mengumpulkan donasi dan menampungnya di rekening pribadinya. Hal itu membuatnya disudutkan karena penggalangan dana ke rekening pribadi melanggar hukum setempat.

"Ini bukan tentang membangun masjid. Muslim, termasuk saya, mendukung pembangunan masjid," tulis Ayana Moon yang terkenal sebagai model dan influencer melalui akun akun Instagram @xolovelyayana.

"Persoalannya ada pada penggunaan rekening bank/paypal pribadi. Persoalannya ada pada proses (penggalangan dananya) yang salah karena tidak sesuai dengan aturan hukum dan itu dapat mencoreng citra Islam, Muslim, dan komunitas Muslim di Korea," jelas Ayana.

"Perlihatkan isi rekening Anda dan tunjukkan transparansi," ujar Ayana yang memeluk Islam sejak 2012.

Federasi Muslim Korea (KMF), satu-satunya organisasi Islam yang secara resmi terdaftar di pemerintah Korea, mengatakan kepada Korea Times bahwa rencana membangun masjid adalah proyek pribadi Kim.

"Seluruh masjid di seluruh negeri yang terkait dengan Federasi Muslim Korea terdaftar dengan nama KMF, dan tidak ada yang diizinkan untuk mendaftar atas nama individu atau mengumpulkan dana untuk pembangunan masjid," kata kelompok itu dalam pengumuman resminya.

Korea Times dalam laporannya mengatakan ada 19 masjid di Korea yang melayani sekitar 35 ribu Muslim Korea dan 150 ribu Muslim asing yang tinggal di sana. Dilansir dari News 18, Kamis (25/4/2024), Kim mem-posting tentang hidup sebagai seorang Muslim Korea dan telah mendapatkan penggemar di Youtube dengan lebih dari 5,52 juta pelanggan dan 3,5 juta pengikut Instagram.

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement