Rabu 10 Jul 2024 00:04 WIB

Ibu Hebat tak Terlahir Tapi Dibuat: Ini 10 Cara Menjadi Ibu yang Luar Biasa

Anda tidak akan menjadi ibu yang sempurna, jadi lakukan yang terbaik dan penuh cinta.

Rep: Mg152/ Red: Qommarria Rostanti
Ayah, ibu, dan dua anak (ilustrasi). Setidaknya ada 10 cara mempelajari kiat-kiat terbaik untuk menjadi ibu yang luar biasa.
Foto: MGROL100
Ayah, ibu, dan dua anak (ilustrasi). Setidaknya ada 10 cara mempelajari kiat-kiat terbaik untuk menjadi ibu yang luar biasa.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Memulai perjalanan menjadi seorang ibu merupakan hal menyenangkan sekaligus menantang. Menjadi orang tua mungkin merupakan impian seumur hidup, tetapi hal ini disertai dengan tanggung jawab yang sangat besar.

Setelah ada anak, tugas Anda adalah menjaga mereka tetap bahagia dan sehat, serta membimbing mereka untuk menjadi orang dewasa yang terbaik. Ketika melakukannya, Anda mungkin akan dihadapkan pada perubahan pada kesehatan fisik dan mental yang dapat membuat peran sebagai orang tua menjadi lebih menantang.

Baca Juga

Para terapis dan pakar pengasuhan anak membagikan 10 cara mempelajari kiat-kiat terbaik untuk menjadi ibu yang luar biasa, berapa pun usia anak Anda.

1. Belajar mengatur sistem saraf

Hal ini sangat penting untuk memastikan anak Anda tumbuh di lingkungan yang sehat. "Hadiah terbesar yang bisa diberikan seorang ibu kepada anaknya adalah sistem sarafnya yang teregulasi," kata Zavislak.

"Pengasuhan anak modern sangat menantang; kebanyakan dari kita tidak memiliki dukungan komunitas, dan hampir semua dari kita membawa trauma kita sendiri atau trauma antargenerasi yang diturunkan melalui DNA kita atau keduanya dan akibatnya, rasa frustrasi yang biasa terjadi dalam mengasuh anak menjadi semakin kuat," ujarnya. Anda dapat mempelajari berbagai teknik untuk melakukan hal ini dalam terapi.

2. Menerima ketidaksempurnaan

"Anda bukanlah orang yang sempurna, dan Anda tidak akan menjadi ibu yang sempurna, jadi lakukan yang terbaik dan bekerjalah dengan penuh cinta," kata Ariana Cardozo, LCSW, seorang ibu dan klinisi senior di Mountainside Treatment Center.

"Hal ini akan menciptakan lingkungan yang lebih memaafkan dan mengayomi bagi Anda dan anak Anda," kata dia lagi. Ini akan membantu Anda mempertahankan semangat yang tinggi bahkan ketika keadaan menjadi sulit.

3. Temukan komunitas dengan orang tua lainnya

Berbagi perjalanan menjadi orang tua dengan orang lain dapat membantu menormalkan pengalaman Anda. "Ini bisa berupa kelompok dukungan ibu atau kelompok olahraga ibu-bayi, atau mungkin orang tua dari anak-anak di kegiatan atau sekolah anak-anak Anda," kata Alisa Kamis-Brinda, LCSW, LCADC, pemilik dan psikoterapis di Serenity Solutions.

"Para orang tua tersebut juga merupakan pendukung yang hebat ketika Anda membutuhkan saran tentang cara menangani situasi baru sebagai orang tua-mereka pernah mengalaminya dan dapat membantu".

4. Berlatihlah mendengarkan secara aktif

Untuk menunjukkan rasa ingin tahu, Anda harus menyempurnakan keterampilan mendengarkan. Dengan hadir, Anda akan memupuk jalur komunikasi yang lebih terbuka dan rasa saling percaya.

"Berikan perhatian penuh kepada anak Anda ketika mereka berbicara, tunjukkan bahwa Anda menghargai pikiran dan perasaan mereka," kata Kelsey Thompson, LMFT, pemilik Light Within Counseling.

"Letakkan ponsel Anda; saya mengerti, ini sulit, tetapi kita begitu terpaku pada ponsel kita, dan ini memiliki dampak besar pada gaya kelekatan yang sedang berkembang pada anak Anda," kata dia lagi.

5. Belajar untuk meminta maaf

Zavislak mengatakan, ini adalah salah satu nasihat yang paling tidak populer yang ia berikan kepada para orang tua, namun juga salah satu yang paling penting. "Ego kita menghalangi dan mencoba melindungi kita dari kenyataan bahwa kita melakukan kesalahan, sebagian besar karena ada begitu banyak tekanan pada para ibu untuk menjadi sempurna," jelasnya.

6. Mencontohkan perilaku yang baik

Kata-kata dan tindakan Anda terlihat jelas. "Anak-anak sering kali meniru orang tua mereka, jadi tunjukkanlah nilai, sikap, dan perilaku yang Anda ingin anak-anak Anda terapkan," kata Thompson.

Tunjukkan kebaikan, rasa hormat, dan ketangguhan, dan belajarlah untuk mengelola tekanan dengan cara yang sehat sehingga anak-anak Anda juga belajar keterampilan toleransi terhadap tekanan yang sehat. Sekali lagi, terapi dapat membantu.

7. Berlatih untuk bersyukur

Latihan bersyukur dapat membantu tetap tenang dan mengingatkan Anda tentang apa yang benar-benar penting, dan hanya membutuhkan waktu beberapa menit pada pagi atau sore hari.

"Pastikan untuk mengucapkan hal-hal berikut ini dalam latihan Anda: Saya bersyukur atas anak-anak saya, saya bersyukur atas kemampuan naluriah saya untuk mengetahui apa yang dibutuhkan anak-anak saya, saya bersyukur atas akses saya ke sumber daya dan dukungan untuk memenuhi kebutuhan anak-anak saya, saya bersyukur atas kemampuan saya untuk belajar dan bertumbuh bersama orang tua pendamping (jika Anda memilikinya) dan anak-anak saya," ujar Kayla Nelson dari Glacier Psychology Services.

8. Memperkuat perilaku positif

Hal ini akan membangun hubungan yang positif. "Akui dan pujilah perilaku positif, bahkan untuk hal-hal yang secara konsisten mereka lakukan," kata Rachel Goldberg, terapis di Rachel Goldberg Therapy.

"Misalnya, katakan, ‘Saya perhatikan, saya tidak perlu meminta kamu untuk menaruh piring di wastafel. Saya senang kamu begitu hebat dalam hal itu' atau 'Saya perhatikan bagaimana kamu menyelesaikan masalah dengan saudaramu tempo hari. Saya pikir saya harus turun tangan, tetapi kamu menanganinya dengan sangat dewasa'."

9. Dorong kemandirian

Pada akhirnya, tugas Anda sebagai orang tua adalah mempersiapkan anak untuk menghadapi dunia nyata. "Biarkan anak Anda membuat pilihan sendiri dan belajar dari kesalahan mereka," kata Thompson.

"Hal ini membantu mereka mengembangkan keterampilan pemecahan masalah dan kepercayaan diri pada kemampuan mereka dan juga membantu anak Anda untuk tidak mengembangkan keterikatan yang cemas atau kemungkinan gangguan kecemasan," ujarnya.

10. Validasi perasaan anak

"Akui dan validasi pengalaman anak, bahkan jika sebagai orang dewasa, Anda tidak melihatnya sebagai sesuatu yang penting dalam gambaran yang lebih besar. Biarkan anak Anda mendapatkan momennya," kata dia.

 

 

Yuk koleksi buku bacaan berkualitas dari buku Republika ...
Advertisement
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement