Kamis 12 Sep 2024 18:37 WIB

NewJeans Akhirnya Buka Suara dan Layangkan Protes ke Hybe, Ini Isinya

Member NewJeans mengungkap kegelisahan terhadap karier mereka di siaran live.

Rep: Gumanti Awaliyah/ Red: Qommarria Rostanti
Grup K-pop NewJeans.  Para member NewJeans yakni Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein, akhirnya bersuara.
Foto: EPA-EFE/YONHAP
Grup K-pop NewJeans. Para member NewJeans yakni Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein, akhirnya bersuara.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Sepanjang perseteruan antara Hybe dan mantan CEO ADOR sekaligus direktur kreatif NewJeans, Min Hee-jin, girl group ini sebagian besar memilih diam. Namun, pada Rabu pagi (11/9/2024), para member NewJeans yakni Minji, Hanni, Danielle, Haerin, dan Hyein, akhirnya bersuara.

Dalam sebuah unggahan yang kini telah dihapus di akun Twitter mereka, grup tersebut membagikan tautan YouTube yang mengarah pada livestream di akun YouTube yang sudah tidak dapat diakses lagi bernama “nwjeans”. Selama sekitar 30 menit, kelima member mengungkap kegelisahan akan masa depan karier mereka, kekhawatiran untuk terus bekerja di bawah naungan Hybe, serta berbagi cerita yang belum pernah mereka sampaikan sebelumnya.

Baca Juga

Menurut laporan Billboard, semua member NewJeans duduk di ruangan sederhana dengan buku catatan, kertas, dan iPad selama siaran langsung. Anggota termuda NewJeans, Hyein, membuka pembicaraan dengan menjelaskan bahwa beberapa staf yang mereka percaya telah membantu mengatur lokasi dan siaran langsung ini.

Selanjutnya, Haerin menyebut bahwa pemberitaan media yang terkait dengan situasi NewJeans kian invasif ketika rekam medis pribadi dan video masa trainee mereka di Hybe bocor di internet. Saat debut pada Juli 2022, empat dari lima member NewJeans masih berusia di bawah 18 tahun. Namun ketika para member, orang tua, dan Min Hee-jin mengajukan keluhan kepada Hybe, perusahaan K-pop tersebut tidak mengambil tindakan apapun.

Salah satu momen yang paling banyak dibicarakan selama siaran langsung adalah ketika Hanni menceritakan pengalamannya saat berada di gedung Hybe untuk merapikan rambut dan riasannya. Menurut penyanyi asal Vietnam-Australia ini, setelah menyapa satu sama lain, seorang manajer dari grup lain di bawah HYBE LABELS memberi tahu para anggota grup tersebut untuk mengabaikan dirinya.

Selama livestream, para member NewJeans juga menyatakan kekhawatiran mereka terhadap dinamika internal label ADOR setelah Min Hee-jin diberhentikan sebagai CEO. Minji menyinggung soal pertarungan hukum baru antara ADOR dengan Shin Woo-seok, sutradara video musik “Ditto” dan “ETA” dari NewJeans. Sutradara tersebut menuduh ADOR menargetkannya karena mengunggah versi "director's cut" dari video musik NewJeans serta konten lainnya di akun YouTube pribadinya. Shin mengklaim bahwa ia memiliki izin untuk melakukan hal tersebut.

Setelah ADOR menghapus video-video tersebut, label ini mengeluarkan pernyataan pada 4 September bahwa mereka akan berusaha semaksimal mungkin untuk memastikan konten NewJeans yang telah dihapus dapat diunggah di saluran resmi ADOR di masa mendatang. Menurut laporan Korea JoongAng Daily, ADOR juga menyatakan bahwa hanya video "director’s cut" yang diminta untuk dihapus, bukan cuplikan di balik layar yang dibintangi para member yang telah ditonton jutaan kali. ADOR mengeklaim bahwa pihak pengiklanlah yang meminta penghapusan video-video tersebut.

“Begitu saja, konten yang kami rilis khusus untuk penggemar, untuk para Bunnies, langsung dihapus. Aku benar-benar tidak mengerti apa ada orang yang tega melakukan hal ini kepada sebuah grup, atau bahkan siapapun,” kata Danielle, dilansir Billboard, Kamis (12/9/2024).

Selain masalah yang spesifik itu, kelima member NewJeans juga berbicara panjang lebar mengenai kekhawatiran akan hilangnya identitas grup dan keraguan apakah Hybe benar-benar memperhatikan mereka. Mereka juga terus menegaskan agar Min Hee-jin kembali bekerja bersamanya.

Anggota tertua NewJeans, Minji (20 tahun), menutup livestream dengan sebuah pesan langsung yang ditujukan untuk ketua Hybe, Bang Si-hyuk. “Kami berharap ketua Bang dan Hybe mengambil keputusan bijak untuk mengembalikan ADOR seperti semula sebelum tanggal 25,” kata Minji.

Untuk diketahui, konflik ini dimulai pada April 2024 ketika Hybe meluncurkan audit terhadap ADOR dan meminta Min untuk mundur sebagai CEO. Hybe juga melaporkan Min ke polisi, menuduh bahwa eksekutif itu telah melakukan pelanggaran kepercayaan.

Hal ini memicu Min untuk mengadakan konferensi pers di mana ia membantah tuduhan tersebut. Min juga menuduh anak perusahaan Hybe, BELIFT LAB, menjiplak konsep NewJeans dengan grup ILLIT. Selain itu, Min juga menyebut Source Music telah melanggar janji untuk menjadikan NewJeans sebagai girl group pertama mereka. Tuduhan ini menyebabkan Min digugat oleh BELIFT dan Source atas tuduhan pencemaran nama baik.

 

BACA JUGA: Ikuti Serial Sejarah dan Peradaban Islam di Islam Digest , Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement