Kamis 18 Jul 2024 13:03 WIB

Notifikasi Instagram Bikin Nggak Fokus? Aktifkan Saja Mode Senyap

Sekarang di Instagram sudah terdapat fitur mode senyap atau quiet mode.

Rep: Mgrol152/ Red: Qommarria Rostanti
Instagram (logo). Instagram memiliki fitur mode senyap sehingga notifikasi tidak menganggu pengguna.
Foto: AP Photo/Jenny Kane
Instagram (logo). Instagram memiliki fitur mode senyap sehingga notifikasi tidak menganggu pengguna.

AMEERALIFE.COM, JAKARTA -- Notifikasi ponsel sering kali berbunyi tidak ada habisnya. Bahkan ketika sedang tidur, bunyi notifikasi ponsel dapat membangunkan kita.

Ketika sedang bekerja atau belajar, notifikasi ponsel berpotensi mengganggu pekerjaan dan fokus yang kita kerjakan. Setelah meletakkan ponsel ehabis mengirim teks, dan sedetik kemudian, bisa jadi Anda mendapatkan notifikasi dari berbagai macam aplikasi.

Baca Juga

Media sosial sejauh ini merupakan pendorong terbesar notifikasi, terutama Instagram. Aplikasi ini akan memberi tahu Anda setiap kali ada orang yang mengirimi Anda DM, menandai Anda di postingan, atau berinteraksi dengan sesuatu yang Anda posting. Namun, sekarang di Instagram sudah terdapat fitur mode senyap atau quiet mode.

Dilansir laman Best Life, mode senyap mirip dengan Do Not Disturb di Apple dan Android yang mematikan notifikasi. Namun, mode senyap hanya menonaktifkan notifikasi yang berasal dari aplikasi Instagram. Pengaturan ini akan secara otomatis membalas siapa pun yang mengirimi Anda DM untuk memberi tahu mereka bahwa Anda berada dalam mode senyap.

Mode senyap dapat disesuaikan sehingga Anda dapat memilih jam dan hari berlakunya. Saat fitur ini dimatikan, Anda akan mendapatkan ringkasan tentang apa pun yang Anda lewatkan.

Mode senyap diperuntukkan bagi siapa saja yang ingin menghabiskan waktu lebih sedikit di Instagram tanpa harus keluar dari aplikasi. Pengaturan ini tersedia untuk semua orang, tetapi Meta, perusahaan induk Instagram, secara khusus menargetkan remaja ketika diluncurkan.

“Para remaja telah mengatakan kepada kami bahwa mereka terkadang ingin meluangkan waktu untuk diri mereka sendiri dan mungkin mencari lebih banyak cara untuk fokus pada malam hari, saat belajar dan saat bersekolah,” tulis mereka.

Anda bisa menggunakan mode ini di iPhone maupun Android. Simak cara berikut untuk mengaktifkan mode senyap:

1. Buka Instagram

Klik gambar profil di sudut kanan bawah aplikasi. Kemudian klik ikon tiga garis horizontal di sudut kanan atas. Setelah itu, klik “notifikasi,” lalu klik mode senyap atau quiet mode.

2. Sesuaikan mode senyap

Setelah Anda menavigasi ke mode senyap, alihkan tombol untuk mengaktifkan mode senyap. Anda kemudian akan diminta untuk menyesuaikannya. Anda dapat memilih waktu mulai dan waktu berakhir (standarnya adalah pukul 23.00 hingga 07.00) dan memilih hari tertentu dalam sepekan yang Anda inginkan untuk mengaktifkan fitur tersebut.

3. Ulangi pada perangkat apa pun

Anda dapat mengaktifkan mode senyap menggunakan petunjuk yang sama pada iPhone, perangkat Android, dan tablet yang menjalankan perangkat lunak tersebut. Namun, Anda tidak dapat mengaktifkan mode senyap pada komputer atau laptop.

 

BACA JUGA: Ikuti News Analysis News Analysis Isu-Isu Terkini Perspektif Republika.co.id, Klik di Sini
Advertisement
Advertisement
Advertisement
Advertisement